asupan energi si Onta misterius :D

Kami warga CS kembali harus menyelesaikan tugas yang sebagaimana mestinya mutlak harus dikerjakan. Topik yag sedang kami bahas saat ini adalah โ€œ Usaha dan Energi โ€œ, seperti postingan yang ada diblog Pak Rudy.

Dalam pembahasan ini kami diberikan tugas, yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Tugas 1, 2, 3, 4, dan 5.

Dalam tugas 3, sesuai dengan judul postingan saya, pada kertas hijau mungil kami ditugaskan untuk mengidentifikasi asupan makanan sehari-hari dan dibandingkan dengan energy yang diterima setip hari. (berdasarkan tugas 2 yang diacu terhadap tugas 1 ).

Nah, ini gambar dari soalnya.

ini dia contoh soalnya ๐Ÿ˜€

 

Berdasarkan asupan makanan sehari-hari, saya uraikan sebagai berikut :

Karbohidrat 600 gr x 4,1 kkal/gr = 2460 kkal
Protein 68 gr x 4,1 kkal/grย  ย = 278,8 kkal
Lemak 55 gr x 9,3 kkal/grย  ย = 511,5 kkal
Tepung 25 gr x 4,18 kkal/gr = 104,5 kkal
Glukosa 45 gr x 3,74 kkal/gr = 168,3 kkal
JUMLAH 3523,1 kkal

Sesuai dengan LKS Tugas 1 dan Tugas 2, energy setiap hari yang dikeluarkan adalah sebagai berikut:

Tugas 1

Tugas 2

 

 

Energi :

Aktivitas saya Durasi ( lama kegiatan/jam)
Tidur 6ย ย ย  xย  43,38 ย =ย  260,28 kkal/jam
Duduk 14ย  x 72,30ย ย  =ย  1012,2 kkal/jam
Kegiatan Ringan 

-Makan

-Mandi

-Berpakaian

-Pekerjaan RT

 

2,5 x 144,61 =ย  361,525 kkal/jam

Kegiatan Sedang 

-Jalan Kaki

0,5ย  x 289,23 =ย  144,615 kkal/jam
Olahraga 1ย ย ย ย ย  x 723,07 =ย  723,07kkal/jam
JUMLAH 2501,69 kkal/jam

Dari jumlah asupan makan dan energy dapat kita temukan hasil : 3523,1 โ€“ 2501,69 = 1021,41 kkal.

Wawโ€ฆ.???? Lalu kemana perginya sisa makanan tersebut?

Dan itu yang menjadi pertanyaan saya sampai sekarang, pasalnya badan saya tidak terlihat tertimbun lemak, alias kurus ๐Ÿ˜€

Lalu sisa makanan itu kemana? untuk kedua kalinya pertanyaan itu terlontar (buka sayur lontar).

Atau mungkin sekarang saya sudah nampak seperti layaknya onta, binatang yang memiliki cadangan makanan? (pertanyaan yang masih misterius).

hehe

PEGAS KU, HISTERIA KU :D

jeng jeng jeng jeng. ๐Ÿ˜€

Untuk menepati janji ku yang sudah ku janjikan (hoeh, apaan coba?), sekarang aku mau ngelanjutin cerita yang sudah tertunda 2 hari sama kalian semua. Mau gak mau, utang kan harus dibayar, ehh salah ding. Janji harus ditepati.

Yap, tentang pegas idaman itu. hmmm walaupun aku belum sempat membuat posting tentang ‘bergelantungan part II’ -nya, aku langsung cerita bagian III-nya aja ya. tapi ini sekilas gambar tentang persiapan dan aksi-aksi dari kelas IA-4 (CRAXI SAVIER)

gambar pegas yang dipasang paralel

*pada kelas ringan…

dimulai oleh vivin

*kemudian pada kelas berat…

dimulai dengan ima

ditutup oleh si super syaldie ๐Ÿ˜€

* gak lupa juga Pak Rudy ngasih contoh buat anak murid

partisipasi bapak ๐Ÿ™‚

*liat nih wajah-wajah yang melakukan keanarkisan ๐Ÿ˜€

I love you guys ๐Ÿ™‚

Dan keesokan harinya, sebelum menuju TKP (tempat kejadian perkara) kami sekelas memulai pelajaran dengan berdoa. Nah, seperti minggu yang lalu, kami jalan berbaris dua-dua.

Dan kali ini tujuan utamanya bukan samping lab multimedia, melainkan lapangan sepak bola (biasanya disebut lapangan 2).

Mau tau kan kami di lapangan ngapain?

Ya ya ya yaaa…senam pagi.

Supaya otot tangan saat menaiki pegas tersebut tidak kaku.

Kaget kan kenapa pelajaran fisika pake acara olahraga. Itulah uniknya belajar fisika dengan Pak Rudy. Selain belajar, bermain, juga ada olahraganya.

Dan, saatnya bergelantungan. ๐Ÿ˜€

Untuk menghitung konstanta pegas hari ini, kami memulainya dengan menimbang berat badan, ada yang beratnya tetap, naik bahkan turun. Bagi yang badannya kecil, cungkring, kurus, berbahagialan dikau jika berat badan mu bertambah. Pasalnya berat badan ku bertambah 1 kg. (lumayan >.<) asiiiikkkk ๐Ÿ˜€

Pada post kali ini menceritakan tentang pegas yang kami namakan histeria, wkekek..

Pasalnya, tami (salah satu personil kelas besar) berteriak histeris saat di ayunkan di pegas. Hihi (karena bapak juga menganjurkan untuk berteriak :D)

Sebenarnya ย semua penghuni kelas yang dibebaskan untuk mencoba harusnya melakukan hal yang sama (berteriak histeris), karena sebenarnya seremmm…pegas pada pelajaran hari ini harus menggantungkan badan dengan kaki di atas .. ๐Ÿ˜€

Yuhuuuu…sebagian dari kami memang menolak untuk ikut terlibat karena takut akan bobotnya yang besar, namun tidak banyak juga yang berlomba-lomba ingin berpartisipasi, seperti saya.hihi

Pak Rudy aja bisa, kenapa kalian gak?

aksi Bapak...

Percobaan pertama, saat menggantungkan badan dengan kaki diangkat keatas. Dan, hanya mampu bertahan 6 kali ayunan. Memang sedikit kecewa, karena teman-teman yang lain bisa 10 kali, kok aku cuma 6. haha egois sekali ya. ๐Ÿ˜€

Selidik punya selidik, melihat sebagian dari mereka ada yang mencoba lagi, aku pun berinisiatif untuk menyerahkan diri kepangkuan bunda tercinta (gak nyambung). Nah, pada percobaan kedua, setelah bersusah payah, melentingkan badan, menahan nafas, dannnnnn sukses!!!!…aku berhasil berayun diatas pegas selama 10 kali dengan kaki yang dikunci.haha

dann...sukses

Setelah semua prajurit dari IA-4 ini mengerahkan seluruh jiwa raganya untuk bergelantungan, termasuk Adi. Adi yang selalu menjadi korban keanarkisan kami ๐Ÿ˜€ haha, (selalu kena batunya, tertindih, terinjak, bahkan terlempar). Kini saatnya kami kembali kekelas dengan formasi yang sama (dua-dua). Dikelas, kami harus kembali menghitung lagi, berdiskusi dan melihat-lihat hasil jepretan kami. ๐Ÿ˜€

Namun, yang menyebalkan adalah…kenapa memotonya harus dari depan sih??? Otomatis kan yang keliatan sebagian besar cuma pantat. OMGย  >.<