Kalor ^^

yah….sekarang tiba saatnya giliran kalor.

Kalor adalah bentuk energi yang berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah. Jika
suatu benda menerima / melepaskan kalor maka suhu benda itu akan naik/turun atau wujud benda berubah.

Padat ke gas … Menyublin
Gas ke padat …Mengkristal
Gas ke cair … Mengembun
Cair ke gas … Menguap
Padat ke Cair … Mencair
Cair ke Padat … Membeku

nah, kebetulan pembuktian kalor sekarang yang saya pilih adalah menguap dan mengembun

ketika saya membuat susu didalam gelas kaca besar, karena saya takut minum panas-panas maka saya berinisiatif untuk mendinginkannya sebentar sekitar 10-20 menit yang kemudian saya tutup dengan tutup plastik. Lalu, setelah beberapa saat tutup gelas tersebut saya buka dan tidak saya sadari hal tersebut adalah salah satu pembuktian kalor.

Jika kita perhatikan maka akan terlihat tetes-tetes air pada tutup gelas. Hal ini terjadi karena suhu tutup gelas lebih rendah dari pada suhu uap air yang mencapai tutup gelas, sehingga air yang mencapai tutup gelas melepaskan kalor dan uap air mengembun menjadi tetes-tetes air. Jadi ketika terjadi pengembunan dilepaskan kalor.*hee,,setau saya begitu

Tinggalkan komentar